Rabu, 09 November 2016

Pesona Terpendam Danau Hanjalutung




KOTA Cantik Palangka Raya, Kalimantan Tengah, ternyata memiliki banyak potensi wisata yang masih terpendam. Salah satunya adalah Danau Hanjalutung di Kelurahan Petuk Katimpun, Kecamatan Jekan Raya. Seperti apa daya tariknya ?
Danau Hanjalutung memang hampir tidak pernah terekspos keluar, padahal danau yang memiliki luas kurang lebih 12 hektare (ha) dengan kedalaman sekitar tujuh meter tersebut, memiliki pesona yang bagus untuk dijadikan tempat wisata.
Padahal danau yang masih terhubung dengan Sungai Rungan tersebut, dihuni berbagai jenis ikan air tawar seperti jelawat, baung, tahuman,  saluang dan berbagai jenis ikan air tawar lainnya. Potensi tersebut sangat bagus untuk wisata pemancingan dan tempat budidaya ikan, ditambah lagi pemandangan sekitar danau sangat menarik.
Sayangnya, pemerintah masih memandang sebelah mata potensi danau yang memiliki berbagai spesies ikan air tawar itu. Buktinya akses untuk menuju ke Danau Hanjalutung jauh dari kata layak. Padahal jarak dari simpang tiga Jalan Tjilik Riwut Km 10 Palangka Raya menuju ke danau tersebut kurang lebih 6 km. Jarak yang hanya 6 km tersebut, jika ditempuh menggunakan sepeda motor butuh waktu 20 hingga 30 menit. Itu karena medan yang dilewati benar-benar ekstrem, jalan menuju danau yang dibiarkan diselimuti semak belukar.  
Perjuangan masyarakat Petuk Katimpun untuk mengelola kawasan tersebut sebagai objek wisata alternatif di Kota Palangka Raya sudah dilakukan. Bahkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Petuk Katimpun sudah pernah mengusulkan kepada Pemko Palangka Raya, agar mendukung usulan dari Pokdarwis mengembangkan kawasan danau Hanjalutung.
Bahkan, Ketua  Pokdarwis) Kelurahan Petuk Katimpun Dalaji M Murad mengakui pihaknya sudah lama mengusulkan kepada pemerintah kota, agar Danau Hanjalutung dijadikan objek wisata di Kota Palangka Raya. 
Menurut pensiunan PNS dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalteng ini, jika Danau Hanjalutung dipoles, seperti membangun gazebo tempat bersantai serta berbagai wahana bermain, maka akan menjadi daya tarik tersendiri.
“Saya yakin, akan banyak orang yang berkunjung ke Danau Hanjalutung. Oleh sebab itu, kami warga di Petuk Katimpun sangat mengharapkan kawasan tersebut bisa dijadikan tempat wisata pilihan warga Kota Palangka Raya,” kata  pria 58 tahun ini.
Warga lainnya Zainudin US Udang menyebut, pihaknya bersama dengan masyarakat Petuk Katimpun sangat berharap, pemerintah bisa memperhatikan usulan masyarakat untuk menjadikan kawasan tersebut sebagai tempat wisata. Kalau Danau Hanjalutung dijadikan objek wisata, maka saya yakin secara tidak langsung perekonomian masyarakat sekitar akan meningkat, ” ucapnya Zainudin ketika melihat langsung kawasan Danau Hanjaluntung.
Melihat potensi ini, seharusnya pemerintah peka terhadap usulan masyarakat. Apalagi usulan itu sangat berpotensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, masyarakat kota Palangka Raya tentunya juga ingin ada kawasan wisata yang berbeda untuk menghabiskan akhir pekan. Jika kawasan ini dikelola dengan baik, dampaknya juga sangat bagus untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD). (*)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar